Michael Warouw

Michael Warouw
my picture

Kamis, 19 Mei 2011

Rencana Pembangunan Nuklir


Sebuah rencana besar yang telah dibicarakan itu yakni pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di Indonesia dipastikan tetap akan berjalan. Hal ini atau rencana ini akan tetap dijalankan walaupun beberapa hari kebelakang ini terjadi bencana besar nuklir di jepang yakni meledaknya reaktor nuklir di Jepang. Namun hal ini tak menurunkan semangat para penggagas pembangunan Nuklir di Indonesia.

Berbeda dengan semangat Indonesia dalam usaha pembangunan Nuklir maka negara lainnya yang tercatat lebih dari 100 negara yang memanfaatkan nuklir sebagai pembangkit listrik malah menghentikan sementara operasi nuklirnya. Tak hayal mereka itu dapat dikatakan ketakutan hal yang terjadi di negara serba canggih Jepang bisa terjadi di negaranya.

Lalu bagaimana dengan rencana pembangunan reaktor nuklir di Indonesia? Apakah layak Indonesia melakukan eksplorasi Nuklir guna mendapatkan manfaatnya dalam pembangkit tenaga nuklir? Hal ini yang sekarang ini ramai dibicarakan di masyarakat.

Pro dan Kontra atas rencana pembangunan Nuklir Indonesia ini terus berlangsung. 

Mereka orang-orang yang Pro atas Rencana Pembangunan Nuklir Indonesia ini berpendapat bahwa cadangan minyak mentah dan batu bara di Indonesia semakinhari semakin menipis yang diprediksi akan habis dalam beberapa tahun kedepan. Sehingga dipelukannya energi alternatif sehingga pasokan listrik dapat normal.

Sedangkan mereka orang-orang yang menolak atau kontra atas rencana pembangunan nuklir Indonesia ini berpendapat bahwa Nuklir menimbulkan banyak kekhawatiran masyarakat dan memiliki efek negatif yang besar. Dan mereka juga menyebutkan bahwa masih ada cara lain untuk pembangkit listrik seperti tenaga surya, ombak dan sebagainya yang dinilai lebih dapat ramah lingkungan.

Sebenarnya jika pembangunan Nuklir ini di dukung penuh oleh masyarakat bukan tidak mungkin Reaktor nuklir dapat tercipta di Indonesia. Dan tak perlu takut akan Nuklir karena asalkan pengurusannya atau rawatannya lebih baik lagi. Dan menggunakan baja yang lebih tebl guna menutup dan menahan laju radiasi dalam reaktor nuklir. 

Mungkin saja warga Indonesia belum percaya kepada pemerintah Indonesia mengenai Nuklir ini. Namun semoga negara ini berhasil membuat sebuah Reaktor Nuklir pembangkit listrik yang dapat diandalkan, tentunya dengan perawatan yang benar-benar sangat baik dan Jauh dari pemukiman penduduk.

Itu mungkin dari saya yang mendukung jika ada rencana pembangkit listrik tenaga nuklir di Indonesia. Alasannya adalah perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong adanya pasokan listrik yang lebih efektif dan efisien yang lebih murah. Alasan lainnya tidak lain adalah karena adanya bahan uranium yang melimpah di Indonesia sehingga layak untuk digunakan dari pada mubazir tidak digunakan.

Bagaimana dengan pendapat anda? Apapun pendapat anda semoga negara ini dapat lebih maju dan rakyatnya lebih sejahtera.

Profil Justin Bieber

Justin Drew Bieber adalah seorang penyanyi pop muda asal Kanada.

Lahir di Strartford, Ontario 1 Maret 1994 dan dibesarkan seorang diri oleh ibunya, Pattie Malette, Justin memiliki bakat dan minat musik yang cukup tinggi. Dia menguasai terompet, piano, gitar, dan drum yang dipelajarinya sendiri sejak kecil. Pada usia 12 tahun, Justin mengikuti kontes menyanyi di kotanya, Stratford, dan memenangkan juara kedua. Sejak itu dia mulai mendokumentasikan penampilannya dan mengunggahnya di Youtube, untuk teman-teman yang tak sempat melihatnya tampil. Pada beberapa videonya, Justin menyanyikan lagu-lagu beberapa penyanyi ternama seperti Usher, Justin Timberlake, Neyo, Chris Brown, dan Stevie Wonder dengan versinya sendiri.

Beruntung, Scooter Braun, eksekutif marketing So So Def yang tanpa sengaja menyaksikan penampilannya di Youtube tertarik pada bakat musikalitasnya. Braun segera mengontak Bieber dan menerbangkannya ke Atlanta, Georgia untuk bertemu Usher.

Tak lama, Usher setuju mengorbitkannya melalui label rekaman Island Record pada Oktober 2008. Untuk memantapkan karir musiknya Bieber dan ibunya pindah ke Atlanta.

Album pertama Bieber yang dirilis pada bulan Juli 2009, MY WORLD, mendapat sambutan cukup meriah. Hit single pertamanya, ONE TIME, yang menampilkan Usher sebagai vocal guest menduduki peringkat 20 besar tangga lagu Kanada dan Amerika.

Single-single yang dirilis selanjutnya mendapat sambutan tak kalah meriah. ONE LESS LONELY GIRL, LOVE ME, dan FAVORITE GIRL, menduduki peringkat 40 besar Hot Bilboard. MY WORLD juga mendapat Platinum dan Golden di Amerika dan Kanada.

Untuk mempromosikan albumnya, Bieber melakukan serangkaian penampilan penting. Saat Natal 2009, Bieber tampil di Gedung Putih di hadapan Presiden Barrack Obama dan istrinya. Bieber juga tampil di MTV dan beberapa acara live lain seperti Saturday Night Live dan Kids Choice Awards.

Selain menyanyi, Bieber juga pernah menjadi presenter untuk Grammy Awards ke-52. Prestasinya dalam dunia musik membuatnya menjadi penyanyi pop solo termuda yang mampu merajai tangga lagu dunia.

Popularitas Justin serta usianya yang masih remaja membuatnya didaulat menjadi bintang iklan produk anti jerawat. Produk ini sendiri adalah produk yang cukup terkenal di Amerika Serikat, yaitu Proactiv. Beberapa bintang ternama seperti Kate Perry dan Jessica Simpson pernah menjadi bintang iklan sebelum Justin.

Pada MTV VMA 2010, Justin mendapatkan nominasi The Best New Artist melawan Kesha. Selain itu, dirinya juga akan mengisi perhelatan akbar ini dengan berkolaborasi bersama B.o.B. Justin juga dikabarkan akan berduet dengan Kanye West karena kolaborasi yang mereka lakukan dalam lagu West yang berjudul Runaway Love.

Pada ajang bergengsi MTV VIDEO MUSIC AWARDS 2010 yang diselenggarakan pada 12 September 2010, Justin meraih penghargaan sebagai Best New Artist dengan lagunya bersama Ludacris yang berjudul Baby.

Sayangnya, pada ajang yang sudah ditunggu banyak pemirsa dengan kemunculan Justin sebagai bintang pujaan mereka, sang bocah mengecewakan banyak fans karena tampil secara lipsync. Hal ini tentunya membuat banyak orang mulai meragukan kemampuan Bieber dalam bernyanyi.

Beberapa diantara fansnya bahkan memberi cap pada Justin dengan kata 'palsu' karena aksi mengecewakannya di ajang ini.

1.       Wiper
Wiper kaca depan pertama dioperasikan secara manual dengan menggerakkan kekiri-kekanan dan sebagainya. Saat ini, sebagian besar mobil kita sudah diberikan/dipasang wiper listrik. Wiper menjaga jendela tetap terlihat jelas, bergerak bolak-balik melintasi kaca depan berkali-kali untuk menyapu air. Pada kecepatan tertinggi, mereka bergerak dengan cepat, kadang-kadang mengguncang mobil dari sisi ke sisi. Macam apa mekanisme dapat memindahkan lengan wiper secara efektif dan handal.

 

wiper kaca dapat ditemukan pada kaca depan mobil, beberapa lampu mobil, pesawat terbang dan bahkan di pesawat ruang angkasa. Pada artikel ini, kita akan melihat ke dalam wiper kaca depan, belajar tentang bilah dan kontrol dan kemudian menjelajahi sistem kontrol wiper sensor hujan baru!

1.1   Di dalam Wiper

Wiper menggabungkan dua teknologi mekanik untuk melakukan tugas mereka:
·         Sebuah kombinasi motor listrik dan pengurangan worm gear memberikan kekuatan kepada wiper.
·         Sebuah linkage rapi mengubah output rotasi motor ke dalam gerakan bolak-balik dan sebagainya dari   wiper.

1.2   Motor dan Pengurangan kecepatan gear
Dibutuhkan banyak tenaga untuk mempercepat wiper blades bolak-balik melintasi kaca depan begitu cepat. Dalam rangka untuk menghasilkan jenis gaya, sebuah roda gigi cacing yang digunakan ada output dari motor listrik kecil.

Penurunan roda gigi cacing dapat melipat gandakan torsi dari motor sekitar 50 kali, sedangkan memperlambat kecepatan output dari motor listrik dengan 50 kali juga. Output dari pengurangan gigi mengoperasikan linkage yang menggerakkan wiper bolak-balik dan sebagainya.
Di dalam perakitan motor / gigi adalah sirkuit elektronik yang indera ketika wiper berada di posisi bawah mereka. Rangkaian ini mempertahankan daya ke wiper sampai mereka dihentikan di bagian bawah kaca depan, kemudian memotong kekuatan pada motor. Sirkuit ini juga taman wiper antara tisu ketika mereka berada di pengaturan intermiten mereka

Linkage
Sebuah cam pendek adalah melekat pada poros output dari pengurangan gigi. cam ini berputar sebagai motor wiper berubah. cam yang dihubungkan ke batang yang panjang, seperti cam berputar, batang bergerak maju mundur. Batang panjang terhubung ke batang pendek yang menggerakkan pisau wiper di sisi pengemudi. Lain batang panjang mentransmisikan gaya dari sisi-driver ke sisi penumpang.

1.       Wiper blades
Wiper blades seperti penyapu air. Lengan wiper drag strip karet tipis di kaca depan untuk membersihkan air.

Ketika karet wiper  yang baru, karet tersebut bersih dan tidak memiliki nick atau retak. Ia menyeka air pergi tanpa meninggalkan coretan. Ketika karet wiper sudah tua, goresan atau bentuk celah, kotoran membangun jalan di pinggir dan tidak membuat sebagai ketat segel terhadap jendela, sehingga ia meninggalkan coretan. Kadang-kadang Anda bisa mendapatkan keluar hidup sedikit tambahan dari wiper blade Anda dengan menyeka ujung dengan kain direndam dalam jendela bersih sampai tidak ada kotoran lagi datang dari karet wiper.

Kunci lain untuk operasi streak-bebas bahkan tekanan atas panjang pisau karet. Wiper blades dirancang untuk melampirkan dalam satu titik di tengah, melainkan serangkaian cabang lengan keluar dari tengah seperti pohon, sehingga pisau sebenarnya dihubungkan dalam enam sampai delapan tempat. Jika bentuk es atau salju di lengan ini, dapat membuat distribusi tekanan tidak merata, menyebabkan lapisan-lapisan di bawah bagian dari pisau. Beberapa produsen wiper membuat pisau musim dingin khusus dengan boot karet meliputi perakitan lengan untuk mencegah salju dan es.

2.      Pivot Poin
Kebanyakan mobil telah cukup banyak desain yang sama wiper: Dua bilah bergerak bersama untuk membersihkan kaca depan. Salah satu pivots pisau dari titik dekat ke sisi pengemudi mobil, dan pivots pisau lain dari dekat bagian tengah dari kaca depan. Ini adalah sistem tandem pada gambar di bawah ini. Desain ini membersihkan sebagian besar kaca yang ada di lapangan pengemudi pandang.

Ada beberapa desain lainnya pada beberapa mobil. Mercedes menggunakan lengan wiper tunggal yang memanjang dan memendek seperti menyapu di seluruh jendela - Arm Single (Controlled) pada gambar di atas. Desain ini juga menyediakan cakupan yang baik, tetapi lebih rumit daripada sistem dual-wiper standar. Beberapa mobil menggunakan pisau wiper yang dipasang di sisi berlawanan dari kaca depan dan bergerak ke arah yang berlawanan, dan beberapa kendaraan memiliki wiper tunggal dipasang di tengah. Sistem ini tidak menyediakan cakupan yang banyak untuk driver sebagai sistem dua-blade standar.
   
3.      Wiper Kontrol
Kebanyakan wiper memiliki rendah dan kecepatan tinggi, serta pengaturan berselang. Ketika wiper berada di kecepatan rendah dan tinggi, motor berjalan terus menerus. Namun dalam pengaturan intermittent, wiper berhenti sejenak antara masing-masing lap. Ada berbagai jenis saklar untuk wiper. Beberapa mobil hanya memiliki satu kecepatan intermiten, yang lain memiliki 10 pengaturan diskrit dan yang lain memiliki skala geser yang dapat diatur untuk hampir semua interval waktu.

Apapun jenis kontrol mobil Anda, pengaturan mereka tepat bisa rumit - terlalu cepat dan kaca depan mendapatkan kering dan mencicit wiper; terlalu lambat dan visibilitas Anda diblokir oleh air hujan. Peracikan ini adalah fakta bahwa jumlah air memukul perubahan kaca sebagai mobil Anda mempercepat dan memperlambat. Hal ini dapat membutuhkan perhatian hampir konstan untuk menjaga wiper beroperasi dengan benar. Pembuat mobil akhirnya mungkin telah menaklukkan masalah ini dengan grail suci teknologi wiper - wiper hujan-sensing.
4.      Rain-sensing wiper

Di masa lalu, mobil telah mencoba baik menghilangkan wiper atau untuk mengontrol kecepatan mereka secara otomatis. Beberapa skema yang terlibat mendeteksi getaran yang disebabkan oleh hujan individu memukul kaca depan, menerapkan lapisan khusus yang tidak memungkinkan tetes untuk membentuk, atau bahkan ultrasonically getar kaca depan untuk memecah tetesan sehingga mereka tidak perlu dihapuskan sama sekali. Tapi sistem ini diganggu oleh masalah dan baik tidak pernah berhasil mencapai produksi atau dengan cepat axed karena mereka kesal driver lebih dari yang mereka senang.

Namun, jenis baru dari sistem wiper mulai muncul di mobil yang benar-benar melakukan pekerjaan yang baik untuk mendeteksi jumlah air di kaca depan dan mengendalikan wiper. Salah satu sistem tersebut dibuat oleh TRW Inc, di sini adalah PDF menggambarkan sistem sensor hujan mereka. TRW Inc menggunakan sensor optik untuk mendeteksi kelembaban. Sensor dipasang pada kontak dengan bagian dalam kaca depan, dekat kaca spion.

Proyek-proyek sensor inframerah cahaya ke kaca depan pada sudut 45 derajat. Jika kaca sudah kering, sebagian besar cahaya ini dipantulkan kembali ke sensor dengan bagian depan kaca depan. Jika tetesan air pada kaca, mereka mencerminkan cahaya di arah yang berbeda - basah kaca, lampu kurang membuatnya kembali ke sensor.

Elektronik dan software di pergantian sensor pada wiper ketika jumlah cahaya yang dipantulkan ke sensor menurun ke tingkat preset. Perangkat lunak ini menetapkan kecepatan wiper berdasarkan seberapa cepat air yang dibangun antara tisu. Hal ini dapat mengoperasikan wiper pada kecepatan apapun. Sistem ini menyesuaikan kecepatan sesering yang diperlukan agar sesuai dengan tingkat akumulasi kelembaban.

Sistem TRW, yang ditemukan pada banyak mobil General Motors, termasuk semua model Cadillac, juga bisa diganti atau dimatikan sehingga mobil dapat dicuci.
5.       gigi Worm digunakan ketika pengurangan gigi besar dibutuhkan. Hal ini umum untuk roda gigi cacing untuk memiliki pengurangan 20:1, dan bahkan sampai 300:1 atau lebih.

Banyak worm gears properti menarik yang tidak mengatur peralatan lain yang memiliki: cacing dengan mudah dapat mengubah gigi, tapi gigi tidak dapat mengubah worm. Hal ini karena sudut pada worm sangat dangkal ketika gigi mencoba berputar itu, gesekan antara gear dan worm memegang cacing di tempat.

Fitur ini berguna untuk mesin seperti sistem konveyor, di mana fitur penguncian dapat bertindak sebagai rem bagi conveyor saat motor tidak berputar. Salah satu penggunaan yang sangat menarik lain dari worm gears dalam diferensial Torsen, yang digunakan pada beberapa mobil performa tinggi dan truk.

6.      Sebuah wiper kaca depan mobil atau wiper adalah alat yang digunakan untuk menghilangkan hujan dan puing-puing dari kaca depan atau kaca depan. Hampir semua kendaraan bermotor, termasuk kereta api, pesawat terbang dan kapal, dilengkapi dengan wiper tersebut, yang biasanya merupakan persyaratan hukum.

wiper Sebuah umumnya terdiri dari lengan, berputar di satu ujung dan dengan pisau karet panjang yang melekat yang lain. Pisau terayun-ayun di atas kaca, mendorong air dari permukaannya. Kecepatan biasanya disesuaikan, dengan kecepatan beberapa kontinyu dan sering satu atau lebih "intermittent" Pengaturan. Kebanyakan mobil menggunakan dua tipe radial lengan disinkronkan, sedangkan kendaraan komersial banyak menggunakan satu atau lebih lengan pantograph.
Sejarah

Mary Anderson dikatakan telah menciptakan mengayunkan lengan wiper kaca depan di Amerika Serikat, di mana ia dipatenkan ide pada tahun 1903 Ide ini. Awalnya bertemu dengan perlawanan, tetapi adalah fitur standar pada semua mobil Amerika pada tahun 1916. Irlandia lahir Inventor James Henry Apjohn (1845-1914) menyusun metode bergerak dua kuas atas dan ke bawah pada kaca depan kaca pelat vertikal pada tahun 1903. Ini dipatenkan di Inggris.

Pada bulan April 1911, sebuah paten untuk wiper telah didaftarkan oleh Sloan & Lloyd Barnes, paten agen Liverpool, Inggris, untuk Gladstone Adams dari Whitley Bay. Desain pertama untuk wiper kaca depan juga dikreditkan ke konser pianis Józef Hofmann, dan Mills Mesiu, Birmingham yang juga mengaku telah menjadi pertama wiper paten di Inggris.
Perusahaan Oishei dibentuk, Tri-Continental Corporation, memperkenalkan wiper pertama, Rain Karet, untuk, ditempatkan kaca depan dua potong ditemukan pada banyak mobil waktu. Hari Trico Produk merupakan salah satu produsen terkemuka di dunia sistem mengelap kaca depan, bilah wiper kaca depan dan isi ulang, dengan tanaman wiper di lima benua.

Penemu William M. Folberth, pada tahun 1919, mengajukan permohonan paten untuk suatu alat otomatis wiper kaca depan mobil. Paten diberikan pada tahun 1922. Ini adalah mekanisme otomatis pertama. Trico kemudian menyelesaikan perselisihan paten dengan Folberth dan membeli Folberth's perusahaan Cleveland, yang Folberth Auto Specialty Co Sistem vakum-powered baru dengan cepat menjadi perlengkapan standar pada mobil, dan prinsip vakum telah digunakan sampai sekitar tahun 1960. Pada akhir 1950-an, sebuah fitur umum pada kendaraan modern pertama kali muncul, operasi wiper secara otomatis untuk dua atau tiga lewat ketika tombol ditekan mesin cuci, sehingga tidak perlu secara manual mengubah mereka pada juga. Saat ini, sebuah timer elektronik digunakan, tetapi awalnya sebuah silinder vakum kecil secara mekanis dihubungkan dengan saklar yang disediakan menunda sebagai vakum bocor off.

Pada tahun 1969, intermiten wiper pertama diperkenalkan dengan jeda diatur antara tisu, sehingga memungkinkan untuk memilih tingkat tindakan mengelap diperlukan. Robert Kearns adalah penemu diakui sistem ini meskipun waktu bertahun-tahun upaya dan tindakan hukum sebelum ia kompensasi. Pada tahun 1970, Saab Automobile memperkenalkan wiper lampu di kisaran produk. Ini dioperasikan pada mekanisme reciprocating horisontal, dengan motor tunggal. Mereka kemudian digantikan oleh mekanisme aksi wiper radial spindel, dengan motor masing-masing individu pada headlamp. Pada bulan Maret 1970, Citroën memperkenalkan wiper hujan-sensitif intermiten pada model SM. Bila fungsi intermiten dipilih, wiper akan membuat satu babatan. Jika kaca depan relatif kering, motor wiper menarik tinggi saat ini, yang mengatur timer kontrol sirkuit untuk menunda berikutnya menghapus terpanjang. Jika motor menarik sedikit saat ini, menunjukkan bahwa kaca itu basah, pengaturan timer untuk meminimalkan penundaan.


Mungkin wiper diaktifkan oleh berbagai cara, meskipun kebanyakan ada saat ini didukung oleh sebuah motor listrik melalui serangkaian komponen mekanis, biasanya dua hubungan 4-bar di seri atau paralel. Kendaraan dengan udara rem dioperasikan kadang-kadang menggunakan wiper udara yang dioperasikan, dijalankan oleh pendarahan sejumlah kecil tekanan udara dari sistem rem untuk motor udara kecil dioperasikan dipasang tepat di atas kaca depan. Wiper ini diaktifkan dengan membuka katup yang memungkinkan udara bertekanan untuk memasukkan motor.

Awal wiper sering digerakkan oleh motor vakum powered by vakum manifold. Ini memiliki kelemahan yang mengubah vakum manifold tergantung pada posisi throttle dan hampir tidak ada di bawah throttle terbuka lebar, wiper akan memperlambat atau bahkan menghentikan. Masalah ini agak diatasi dengan menggunakan bahan bakar kombinasi / vakum pompa booster. Beberapa mobil, sebagian besar dari tahun 1960-an dan 1970-an, telah hidrolik didorong wiper. Pada Citroen 2CV sebelumnya, wiper yang didukung oleh sistem murni mekanik: kabel tersambung ke transmisi, untuk mengurangi biaya kabel ini juga didukung speedometer. Kecepatan wiper 'karena itu variabel dengan kecepatan mobil. Ketika mobil itu menunggu di persimpangan jalan, wiper tidak bertenaga, sehingga pegangan di bawah speedometer memungkinkan pengemudi untuk kekuasaan mereka dengan tangan.


wiper Kebanyakan dari pivot (atau radial) jenis: mereka melekat pada lengan tunggal, yang pada gilirannya melekat pada motor. Ini biasanya ditemukan pada banyak mobil, truk, kereta api, perahu, pesawat terbang, dll

Tipe lain dari wiper adalah berbasis-pantograph (lihat Gambar 6.), Yang digunakan pada kendaraan komersial banyak, terutama bus dengan kaca jendela besar. wiper pantograph menampilkan dua senjata untuk setiap blade, dengan perakitan pisau itu sendiri didukung pada sebuah bar horisontal yang menghubungkan kedua lengan. Salah satu senjata yang melekat pada motor, sementara yang lain adalah pada pivot idle. Mekanisme pantograph, sementara yang lebih kompleks, memungkinkan pisau untuk mencakup lebih dari kaca depan pada setiap lap. Namun, hal itu juga biasanya memerlukan wiper yang akan "diparkir" di tengah kaca depan, di mana sebagian dapat menghalangi pandangan pengemudi jika tidak digunakan. Beberapa mobil yang lebih besar di akhir 70-an dan awal '80-an, terutama LH driver mobil Amerika, Memiliki wiper pantograph di sisi pengemudi, dengan pivot konvensional di sisi penumpang.

Mercedes-Benz memelopori sistem yang disebut Monoblade, berdasarkan cantilevers (lihat Gambar 5.), Di mana satu tangan meluas ke luar untuk mencapai sudut atas kaca depan, dan menarik di di ujung dan tengah stroke, menyapu keluar yang agak 'W'berbentuk jalur. Dengan cara ini, pisau tunggal dapat mencakup lebih dari kaca depan, dan menggantikan sisa coretan jauh dari pusat kaca depan.


Beberapa mobil yang lebih besar dilengkapi dengan "tersembunyi" (atau "depresi-park") wiper. Ketika wiper akan dinonaktifkan, sebuah "parkir" mekanisme atau sirkuit menggerakkan wiper ke ekstrim yang lebih rendah dari daerah dihapuskan, dekat bagian bawah kaca depan, tapi masih terlihat. Untuk menyembunyikan wiper, kaca depan meluas ke bawah ujung belakang kap mobil, dan wiper taman sendiri di bawah kisaran mengusap di bagian bawah kaca depan, namun tidak terlihat.

Beberapa kendaraan memiliki wiper kecil atau cincin pada lampu. Dalam kendaraan yang lebih modern, ini telah diganti dengan semprotan jet kuat, tanpa wiper. Beberapa kendaraan yang dilengkapi dengan wiper (dengan atau tanpa cincin pipih) pada jendela belakang juga. Belakang-window wiper biasanya ditemukan pada hatchback, station wagon, mobil sport, minivan, dan beberapa mobil sport. Mereka pertama kali diterapkan di tahun 1970-an, tapi SUV tidak menggunakan mereka sampai tahun 1980-an.


Kebanyakan wiper beroperasi bersama-sama dengan kaca depan (atau kaca) mesin cuci, pompa yang memasok air dan deterjen (biasanya disebut campuran cairan pembersih kaca depan) dari tangki ke kaca depan melalui nozel kecil, dipasang di kap atau di wiper, yang dikenal sebagai suatu sistem 'lengan-basah'. Pada cuaca panas, air juga dapat bekerja, tetapi bisa membekukan di daerah beriklim dingin. Meskipun antibeku mobil secara kimiawi serupa dengan cairan wiper kaca depan, tidak harus digunakan karena dapat merusak cat. Ide awal untuk memiliki unit kipas kaca mobil dihubungkan ke mesin cuci kaca depan reservoir fluida adalah pada tahun 1931, Richland Auto Parts Co, Mansfield, Ohio .

Kendaraan yang sekarang tersedia dengan sopir-Programmable cerdas (otomatis) wiper yang mendeteksi keberadaan dan jumlah hujan menggunakan sensor hujan. Sensor secara otomatis menyesuaikan kecepatan pisau sesuai dengan jumlah hujan terdeteksi. Ini biasanya memiliki override manual.

Rain-sensing wiper muncul di berbagai model di akhir abad 20, salah satu 200SX/Silvia pertama Nissan sedang. Pada awal 2006 , hujan-sensing wiper adalah opsional atau standar pada semua Cadillac dan Volkswagen kebanyakan, dan tersedia pada banyak produsen utama-aliran lainnya.


7.      Kaca depan mesin cuci cairan
Washer kaca depan fluida (cairan wiper kaca depan juga disebut, cairan wiper, mencuci layar (di Inggris), atau cairan pencuci) adalah cairan untuk kendaraan bermotor yang digunakan dalam membersihkan kaca depan dengan wiper saat kendaraan sedang didorong. cairan kaca depan memberikan pandangan yang jelas jalan dan dianggap penting untuk mengemudi yang aman.

Sistem pengiriman

Suatu pengendalian dalam mobil bisa dioperasikan untuk menyemprotkan cairan ke kaca depan - biasanya menggunakan pompa listrik melalui jet dipasang baik di bawah kaca depan atau di bawah wiper blade (s). Wiper kaca depan kemudian dialihkan untuk membersihkan kotoran dan puing-puing dari kaca depan. Beberapa kendaraan menggunakan metode yang sama untuk membersihkan jendela belakang atau lampu juga dan mungkin memiliki beberapa fluida reservoir.

Washer cairan terkadang dipanaskan sebelum disampaikan ke kaca depan. Hal ini terutama yang diinginkan dalam dingin iklim dimana lapisan tipis es atau es terakumulasi pada permukaan kaca depan itu, menghilangkan kebutuhan untuk secara manual mengikis kaca depan atau menuangkan air hangat pada kaca. Meskipun ada beberapa perangkat preheat aftermarket, General Motors telah mulai melengkapi kendaraan dengan mesin cuci dipanaskan sistem cairan dari awal pabrik pada tahun 2006 dengan sedan Buick Lucerne. Sistem ini memancarkan kabut halus air panas yang membersihkan salju tanpa merusak kaca depan itu sendiri. GM juga mengklaim mesin cuci cairan dipanaskan membantu dalam menghilangkan Splatters bug dan akumulasi jalan lainnya.

Cairan datang dalam berbagai bentuk dan beberapa mungkin memerlukan pengenceran sebelum diterapkan, meskipun solusi yang paling tersedia di Amerika Utara datang premixed tanpa menipiskan diperlukan. Pengenceran faktor akan bervariasi tergantung pada musim, misalnya, di musim dingin faktor pengenceran dapat 1:1, sedangkan selama musim panas faktor pengenceran dapat 1:10. Kadang-kadang dijual sebagai sachet kristal, yang juga diencerkan dengan air.

Anti-freeze, atau alkohol roh, dapat ditambahkan untuk campuran untuk memberikan produk suhu beku yang lebih rendah. Tapi, metanol berbahaya bila menghirup , Sehingga lebih populer sekarang adalah sebuah campuran etanol musim dingin, misalnya PAV [klarifikasi diperlukan], air, etanol (atau isopropanol), dan etilena glikol.

Kekhawatiran telah dikemukakan tentang aspek lingkungan cairan pencuci Tersebar luas, tanah-tingkat penggunaan cairan wiper (senilai miliaran liter setiap tahun) Dapat menyebabkan polusi udara dan polusi air kumulatif.. [Kutipan diperlukan]

kelompok advokasi konsumen dan penggemar auto percaya bahwa alkohol dan pelarut hadir dalam beberapa, tapi tidak semua, kaca mesin cuci cairan dapat merusak kendaraan. [rujukan?] titik ini kritik terhadap efek korosif etanol, metanol, dan komponen lainnya di cat, karet, mobil lilin, dan plastik. Kelompok-kelompok ini mengusulkan berbagai alternatif dan resep buatan sendiri sehingga dapat melindungi menyelesaikan dan mekanik kendaraan bermotor.


Pada tanggal 14 Juni 2010, Inggris Health Protection Agency mengumumkan hasil studi pendahuluan dari 75 pasien yang menemukan hubungan antara penggunaan air murni sebagai cairan wiper dan penyakit legiuner '(yang tersebar dengan bernapas pada bakteri aerosol dari air yang terinfeksi), setelah menyadari bahwa prevalensi penyakit itu lima kali lebih tinggi di antara pengemudi profesional.